Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Ombudsman Kembali Gelar Penilaian Kepatuhan Pada Dinkes Mabar

  • Jumat, 26 Agustus 2022 - 14:56:05 WIB
  • Superadmin
Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Ombudsman Kembali Gelar Penilaian Kepatuhan Pada Dinkes Mabar

 

Pada tanggal 22 Agustus 2022 pukul 10.00 Wita, Dinas Kesehatan kabupaten Manggarai Barat kedatangan Tim Penilai Ombusman Perwakilan NTT Leila Noury dan Magda Sophie Sonya Bolla yang didampingi Marselinus Caru Gaur dari Bagian Organisasi Setda Kabupaten Manggarai Barat.

Ombudsman Republik Indonesia adalah lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Hukum Milik Negara serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah

Kedatangan Tim Ombusman diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat. Kedatangannya terkait inovasi pengawasan pelayanan publik terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pada Dinas Kesehatan Manggarai Barat dari tahun sebelumnya.

“Dinas kesehatan sudah melakukan beberapa perbaikan dan perubahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Prinsipnya, kami mau berubah sesuai dengan visi misi yang telah ditetapkan baik dari pusat maupun visi misi dari Dinas Kesehatan Manggarai Barat. Kami berharap  ada hal yang bisa didiskusikan demi perbaikan pelayanan Dinas Kesehatan lebih lanjut.”  Hal tersebut disampaikan  Kepala Dinas Kesehatan, Paulus Mami pada saat menyambut kedatangan Tim Ombusman.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Dinas Kesehatan juga diberi kesempatan untuk memaparkan beberapa inovasi terkait digitalisasi informasi pelayanan publik di Dinas Kesehatan Manggarai Barat yang telah mengalami perubahan sepanjang Tahun 2022.

Penilaian tim Ombusman berlangsung selama kurang lebih 3 jam dan berakhir pada pukul 12.45 Wita. Penilaian dilakukan tidak hanya atas ketersediaan standar pelayanan dan penilaian persepsi malladministrasi saja, namun juga mengukur kompetensi penyelenggara layanan,  sarana prasarana dan pengelolaan pengaduan. Tim Ombusman juga melakukan wawancara terhadap masyarakat yang merupakan responden dari penerima layanan publik pada Dinas Kesehatan.

Setelah dilakukan penilaian, tim Ombusman menyampaikan bahwa semua hasil indikator penilaian akan diumumkan secara nasional dan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat di akhir tahun 2022 (Ima)

  • Jumat, 26 Agustus 2022 - 14:56:05 WIB
  • Superadmin

Berita Terkait Lainnya